Satu kisah diceritakan dalam sebuah kapal pesiar yang mulai berjalan di tengah-tengah samudera nan luas, diadakan sebuah pesta untuk memeriahkan perjalanannya. Pesta tersebut diadakan cukup meriah.
Tiba-tiba seorang anak kecil kurang lebih berumur lima tahun jatuh ke laut. Pestapun dihentikan. Semua penumpang kaget dan panik melihat anak tersebut, anak tersebutpun berteriak-teriak minta pertolongan pada semua penumpang kapal. Hampir semua penumpangpun enggan memberikan pertolongan, karena merekapun kebanyakan tak bisa berenang. Tak lama kemudian ada seorang pemuda yang tak dikenal sepertinya memberanikan diri untuk menolong anak kecil yang jatuh tersebut. “Byurr.. “ anak muda itupun menceburkan diri ke laut. Setelah melihat itu para awak kapal hanya melihat karena ada pemuda yang begitu sigap memberanikan diri untuk menolong seorang anak kecil. Pemuda tadipun mendekati dan menyeret dan membawa anak kecil yang jatuh tersebut ke badan kapal terdekat. Semua penumpang kapalpun bersorak terkagum melihat keberanian pemuda tersebut untuk menolong seorang anak kecil yang jatuh di laut yang dalam tadi. Akhirnya anak kecil tadi selamat berkat bantuan pemuda yang tak dikenal tadi.
Setelah selang beberapa lama para awak kapal berunding untuk mengenalkan diri, memberikan pidato atau sepatah-duapatah kata dan juga sekaligus memberikan sebuah penghargaan di depan semua penumpang yang sekaligus peserta pesta yang tadi sempat berhenti sejenak karena adanya kejadian tersebut. Maka dipersiapkanlah panggung, mikrofon dan semua alat yang diperlukan.
Selesailah semua peralatan yang dipersiapkan tadi, dan moderatorpun memulai pembukaan. Dan kemudian disambutlah sang pemuda pemberani tadi untuk memperkenalkan diri dan memulai pidato atau sepatah-duapatah kata yang ingin disampaikan kepada seluruh penumpang kapal.
Akhirnya pemuda tadipun berdiri dari dan melangkahkan diri, dan perlahan-lahan dia mulai menatap satu persatu semua penumpang yang ada di kapal. Matanya memerah dan bibirnya mulai bergetar dan akhirnya terucaplah : “Siapa tadi yang mendorongku sampai jatuh ke laut???”……..
Selamat Hari Pahlawan!!!

 
Gunawan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top